Konsumsi Pisang Setiap Hari Maka Inilah Manfaatnya

Share:

Buah pisang telah menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah ini memang tumbuh subur di negara tropis, seperti Indonesia. Buah kuning ini adalah salah satu buah paling populer di dunia, dan mengandung nutrisi penting untuk melindungi kesehatan Anda.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai jenis pisang yang bisa kita nikmati. Salah satu jenis pisang yang paling umum adalah pisang barangan. Pisang ini merupakan pisang lokal yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Begitu banyak kebaikan yang terkandung dalam sebuah pisang. Kandungan nutrisi di dalamnya antara lain karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium.
Manfaat Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Dengan kandungan nutrisi yang beragam, ternyata banyak sekali manfaat pisang untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

Meningkatkan stamina olahraga

Minuman olahraga memang bisa membantu menggantikan elektrolit atau cairan tubuh yang hilang. Sayangnya, minuman jenis ini biasanya mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Sebagai gantinya, Anda bisa makan pisang sebelum berolahraga. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pisang dapat digunakan sebagai bahan utama dalam minuman olahraga untuk menggantikan elektrolit yang hilang.

Padahal, pisang diketahui memberikan manfaat lebih dari minuman olahraga biasa karena mengandung potasium alami, karbohidrat, serat, dan vitamin B6.

Membantu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi

Kalium yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah tetap stabil. Sedangkan serat makanan pada pisang mampu mengikat lemak dan pada akhirnya mencegah pembentukan plak.

Plak dapat mempersempit bahkan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan begitu, mengonsumsi pisang dapat membantu Anda terhindar dari risiko stroke dan penyakit jantung.

Tinggi serat

Kebutuhan serat pada pria di bawah usia 50 tahun sekitar 38 gram per hari, dan 25 gram per hari untuk wanita. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat ini per hari sama sekali. Padahal, serat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, termasuk usus. Serat juga penting untuk menjaga kadar kolesterol. Selain itu, kandungan ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena membuat Anda kenyang lebih lama. Padahal, buah ini tinggi serat. Dua buah pisang ukuran sedang mengandung 6 gram serat, kira-kira 23 persen dari kebutuhan syariah Anda.

Meremajakan kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat untuk mengatasi kulit yang terlalu kering. Campuran tersebut juga diduga berkhasiat untuk mengobati jerawat. Caranya cukup hancurkan daging pisang yang sudah matang, lalu oleskan pada kulit yang berjerawat.

Anda bisa mencampurnya dengan lemon atau madu. Biarkan selama 15 – 30 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah Anda. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Jangan membuang pisang yang terlalu matang jika ingin memetik manfaat pisang untuk kesehatan kulit. Ya, pisang matang bisa digunakan sebagai masker wajah.
 

Kandungan vitamin C dalam pisang penting dalam pembentukan kolagen dan membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. Buah ini juga memiliki manfaat mencegah jerawat, menyerap minyak, dan melembabkan kulit kering.

Cara membuat masker wajah dari buah ini cukup mudah. Pertama, pilih buah yang sudah matang atau lembek. Kemudian, tumbuk menjadi adonan pasta yang halus. Oleskan masker pisang pada kulit wajah yang bersih dan biarkan selama minimal 15 menit.