Mengulik Strategi Promosi Barang Yang Diekspor Indonesia Ke Amerika

Share:

Tend kegiatan ekspor impor yang terjadi di Indonesia selalu berubah setiap tahunnya. Dalam hal ini, Indonesia perlu melakukan beberapa strategi untuk memekarkan kegiatan ekspor ke negara maju agar bisa mengoptimalkan perekonomian negara. Oleh karena itu, berikut cara memasukkan barang yang diekspor indonesia ke amerika serikat disini.

 


Cara Mengekspor Barang Ke Amerika
1. Mendirikan Market Place
Rencana pendirian market ini dapat dimulai dengan menjual barang yang berukuran kecil di bawah harga 10 dolar. Kesempatan ini dapat dilihat dari kondisi Cina yang memanfaatkan pengusaha kecil untuk dijual di Amazon. Oleh karena itu, penjualan barang ke Amerika bisa dilakukan dengan memanfaatkan diaspora Indonesia yang berdomisili Amerika.


Kemudian, market yang sudah dibangun tersebut diterapkan persyaratan khusus untuk menjual produk Indonesia. tentunya, kondisi ini bisa dilakukan oleh orang Indonesia yang ada di Amerika untuk mempromosikan produk. Selain itu, pemimpin tersebut juga harus mengelola sepenuhnya untuk menggerakkan market dalam bentuk B to B.


Barang yang diekspor Indonesia ke Amerika juga harus dikontrol kualitasnya. Dalam hal ini, barang barang yang diproduksi oleh para pengusaha di Indonesia harus dikoordinir dalam pengirimannya. Tentunya, kondisi ini dapat memudahkan para pengusaha dan mengurangi biaya pengiriman yang ada jika ditanggung sendiri.


2. Membuka Toko Di Amerika
Pembangunan toko ini juga bisa diawali dengan menunjukkan beberapa contoh barang yang diekspor untuk ditawarkan langsung kepada masyarakat di Amerika. Tentunya, toko ini dapat menjadi pemantik untuk menyajikan berbagai barang dari Indonesia yang disukai. Barang kebutuhan sehari-hari juga perlu dimaksimalkan dalam hal ini.


Selain itu, usaha ini juga bisa dikembangkan dengan mendirikan toko cabang di daerah lain. Dalam hal ini, pemekaran toko harus dilakukan dengan pemilihan lokasi yang tepat dan strategis. Sehingga, produk yang dihadirkan oleh negara Indonesia bisa menjadi kebutuhan yang diminati oleh banyak orang di negara Amerika.


3. Mengadakan Pameran Di Sekitar Kota Di Amerika
Jika pendirian toko sudah berhasil dan barang yang diekspor Indonesia ke Amerika sudah banyak diketahui, maka kegiatan pameran bisa dilakukan. Tentunya, kegiatan tersebut harus dirancang dengan baik dan menyertakan dukungan dari KJRI dan KBRI. Dukungan tersebut bahkan dapat memudahkan kegiatan untuk mengadakan pameran dari skala kecil hingga besar.


Pelaksanaan pameran tersebut juga harus disesuaikan dengan beberapa data yang diperoleh dari KJRI dan KBRI. Kemudian, pameran dapat dilaksanakan untuk mengenalkan produk Indonesia beserta berbagai budaya yang dimiliki. Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat agar Indonesia bisa dikenal dengan negara lain.


4. Mencari Peluang Untuk Mengisi Produk Di Supermarket Amerika
Selain itu, memasukkan barang yang diekspor Indonesia ke Amerika juga perlu mengintip berbagai strategi yang sudah dilakukan oleh Cina. Dalam hal ini, produk Indonesia harus bisa mencari celah melalui KJRI dan KBRI untuk mencari celah agar produk Indonesia secara bertahap mampu menjadi pemenuhan kebutuhan negara ini.


Tentunya, beberapa market yang menjadi target untuk pemasaran dan peletakan produk ini adalah Nortdstrom, Costco, Walmart, Home Depot dan Target. Untuk memasukkan produk ke market market tersebut, Indonesia bisa memproduksi berbagai barang seperti pakaian, sandal, alat dapur, alat pertukangan dan lain sebagainya.


Itulah beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengekspor barang dari Indonesia ke Amerika. Pelaksanaan strategi tersebut juga memerlukan kerjasama antara pihak home Industri di Indonesia dengan KJRI, KBRI dan orang terpercaya yang berdomisili Amerika. Selain itu, pelaksanaan strategi ini juga harus dilakukan secara bertahap untuk memperoleh hasil yang maksimal.