5 Esport Paling Menjanjikan Yang Harus Kamu Tahu

Share:
Game online tidak lagi dipandang sebagai permainan yang menyita waktu pemainnya. Industri electronic sport yang telah berkembang pesat di banyak negara ini, kini menawarkan peluang karier dengan penghasilan menggiurkan. Sejumlah gamers profesional dunia terbukti berhasil meraih kesuksesan dari industri ini. Tertarik menjadi salah satunya? Yuk initp cabang esport apa saja yang paling menjanjikan!

Electronic Sport Yang Paling Profitable
1. Arena of Valor
AOV Honor of Kings adalah salah satu cabang olahraga elektronik yang paling sering dipertandingkan. Game bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) ini menduduki peringkat pertama di Worldwide Top Mobile Electronic Sport Games di tahun 2018. Total pendapatan dari AOV Honor of Kings mencapai sekitar USD 2,51 miliar.

Dari sejumlah game MOBA yang sering dilombakan, turnamen AOV merupakan yang paling populer di hampir semua kalangan gamers. Beberapa diantaranya adalah turnamen tahunan AOV National dan International Championship, AOV Star League, serta World Cup. Bahkan pelajar tingkat menengah juga berpeluang meniti karier lewat kompetisi antar sekolah Arena Pelajar Indonesia.

2. Dota 2
Permainan yang memiliki lebih dari 100 karakter ini berada di posisi teratas Multiplayer Millions, sebagai game esport yang paling profitable untuk pilihan karier. Game online yang dikembangkan Valve Corporation ini banyak dipertandingkan di beragam turnamen besar, salah satunya adalah Dota 2 The International.

Dengan jam terbang yang tinggi, gamers profesional Dota berpeluang menjadi panelis atau caster dalam event event besar Dota 2. Atau bergabung di jajaran manajerial tim tim gamer papan atas Dota. Sebut saja gamer Peter “PDD” Dagger yang menjadi CEO EG, dan Owljan yang kini menjadi GM untuk tim gamers Boom ID.

3. PUBG
Versi platform PC game ini termasuk dalam deretan permainan online yang paling banyak dimainkan. PUBG Mobile juga tercatat memiliki lebih dari 200 juta pemain aktif. Game online ini telah melahirkan atlet atlet profesional yang sukses mengantongi income besar dari turnamen PUBG level nasional hingga internasional.

Turnamen menantang untuk menguji skill dan strategimu adalah PUBG Mobile Club Open dan PUBG Esport Global Champion. Permainan ini juga memberimu peluang karier yang sayang dilewatkan untuk menjadi coach bagi sejumlah tim gamers dan komunitas yang berfokus di divisi ini.

4. Mobile Legends
Permainan di cabang olahrga elektronik yang paling menjanjikan berikutnya adalah Mobile Legends. Diterbitkan oleh developer game Moonton, Mobile Legends menjadi game nomor 1 di beberapa negara di Asia Tenggara. Diantarnya Filipina, Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan Singapura.

Game bergenre MOBA ini telah menggelar beragam turnamen untuk mengasah ketangkasan para pemainnya. Contohnya melalui kompetisi MLBB atau Mobile Legends: Bang Bang, MPL Indonesia, serta M1 World Championship 2019. Gamers profesional juga tengah bersiap mengikuti Piala Presiden 2020 mendatang.

5. League of Legends
Dengan total income mencapai USD 46 juta, LoL menduduki peringkat kedua di daftar Multiplayer Millions dunia. League of Legends sudah banyak menggelar sejumlah event besar yang cukup bergengsi, diantaranya All Star Event dan Mid Seasonal Invitational, yang disponsori sejumlah perusahaan besar.

Kompetisi League of Legends terbaru adalah turnamen LoL World Championship 2019 yang akan diselenggarakan hingga 2024 mendatang. Pada ajang piala dunia ini, gamers dengan performa terbaik akan mendapat kesempatan dipromosikan menjadi wakil LoL mendampingi sponsor kenamaan, salah satunya Louis Vuitton.

Beberapa game online yang lain juga mulai banyak berpartisipasi dalam event game nasional. Cabang olahraga digital ini bisa membuka lebar kesempatan generasi muda meraih kesuksesan melalui bermain game online. Menjadi gamers professional di cabang game favorit akan menjamin peluang karier yang menjanjikan penghasilan luar biasa. Berminat mencoba?